Jumat, 15 Juni 2012

Perbedaan Windows Dengan Linux

 Windows merupakan Produk dari Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates, tujuan Microsoft adalah untuk komersial. sedangkan linux meruapakan Sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Tovald pada tahun 1991, pada saat itu diamasih berstatus mahasiswa di Universitas Helsinki.
Tidak seperti Microsoft, Linux merupakan system operasi yang gratis dan sumbernya pun terbuka sehingga siapapun boleh mengembangkannya. Walaupun demikian,Lisensinya tetap dipegang oleh Linus Tovald sebagai jerih payahnya dalam menemukan linux.Sedangkan Sistem operasi MC OS merupakan system operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan komputerApple. Perusahaan Apple didirikan pada tahun 1976 oleh oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insyiur Atari yang bernama Ronald Wayne.
Secara aplikasi berikut adalah perbedaan Sistem Operasi Windows dengan Linux adalah sebagai berikut;
Spesifikasi =>
1. User Interface
Windows
Tidak banyak memiliki User Interface kecuali Windows vista
Linux
Banyak memiliki User Interface, bisa memilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi Komputer.
Macintos
Sama seperti Windows, Juga tidak begitu banyak memiliki user interface seperti Linux.
 2.Keamanan dan Virus
Windows
Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalumengancam system operasi Windows. Sehinggadapat merusak data yang ada di windows.
Linux
Virus bagi linux bukanlah sesuatu yang menakutkan bagi pengguna Sistem Operasi Linux,karena keamanan dilinux lebih kuat. Walaupun virus bisa saja masuk dan berkembang biak di linux.Namun Tidak membawa kerusakan yang besar.
3.Spyware
Windows
Spyware adalah suatu masalah yang cukup umumdi dunia Windows. Biasanya program spywaremengamati, mengumpulkan dan mengirimkan dataAnda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif,program ini biasanya dipergunakan untuk keperluanmarketing. Sayangnya, ada juga yang berniat burukyaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya.

Instalasi dan Kelengkapan Program
Windows
Windows adalah sistem operasi, itu sebabnyaWindows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanyaakan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
Linux
Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapiLinux didistribusikan dengan banyak programdidalamnya (itu sebabnya dikenal istilah distro - darikata distribusi - Linux). Setelah diinstal, Anda akanmenemui banyak aplikasi . Sebut saja kategori OfficeSuite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet(Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger,Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
Konfigurasi Sistem
Windows
Windows dikenal kemudahan dalam pemakaiannya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan sistem point n' click yang sudah berbasis grafis.
Linux
Di Linux, Anda mungkin sering mendengarperlunyamempelajari perintah-perintah secara manual di command line. belakangan Linux sudahmengalami perkembangan yang sangat pesat,sehingga hampir semua hal juga bisa anda lakukansama mudahnya seperti di Windows.

Hardware Support
 Windows
Di Windows, biasanya Anda tidak pernah mendengar masalah hardware, karena hampir semua hardwareyang ada sudah menyertakan drivernya.
Linux
di Linux Anda mungkin sering mendengar suatuhardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadikarena pembuat hardware tidak menyediakan driverversi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux.
Menangani Crash
Linux secara umum terlihat sebagai sistemoperasi yang stabil. Dan jika Anda membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Untuk Windows XP – jika Anda mengikuti petunjuk sistemnya dengan baik – juga akan cukup stabil.
Dan seperti halnya dengan Windows, suatu saatAnda juga akan menemui masalah di Linux.Sekalipun jarang, tetapi program yang crash atauhang bisa saja terjadi. Ini adalah suatu fakta darikehidupan di dunia komputer.
Sekalipun demikian ada beberapa perbedaan diWindows dan Linux. Unix dan Linux mempunyaisifat multi-user. Linux menjalankan aplikasi secara berbeda dengan Windows. Ketika suatu aplikasiterkunci, Anda dapat mematikannya dengan mudah.Cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, danAnda dapat memilih aplikasi (atau proses) manayang bermasalah.
 Partisi Harddisk
Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuksuatu partisi. Semua drive disatukan dalam suatusistem penyimpanan yang besar. Folder /mntmerupakan tempat untuk Anda mengakses semuamedia yang ada di komputer, baik partisi lain, CD-ROM, Floppy, ataupun FlashDisk.
 Penamaan File
Linux menggunakan “/” untuk memisahkanfolder dan bukannya “” yang biasa digunakanDOS/Windows.
Linux bersifat case-sensitive, ini berarti file“Hello.txt” berbeda dengan file “hello.txt”. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika Anda mengubah nama file “Hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks. Dan ketika Anda mengklik file “Hello”, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks.
Defrag
Windows
Di Windows, Anda mungkin sering menemuimasalah menurunnya kecepatan Windows. Salahsatu penyebab biasanya adalah file-file di harddiskyang sudah tidak tersusun rapi lagi. itu sebabnyaAnda disarankan untuk menggunakan programDefrag.
Linux
Di Linux Anda tidak akan menemukan programuntuk men-defrag harddisk Namun jika harddiskAnda sudah terisi sampai 99% Anda akanmendapatkan masalah kecepatan. Pastikan Andamemiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi.
Sistem File
Windows
Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari WindowsNT/2000/XP). Anda bisa membaca dan bahkanmenyimpan file di sistem FAT dan NTFS milikWindows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windowstidak akan bisa membaca atau menyimpan file disistem Linux.
Linux
Seperti halnya Windows, Linux memilikibeberapa macam file sistem, diantaranya ReiserFSatau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagusdari FAT atau NTFS milik Windows karenamengimplementasikan suatu tehnik yang disebutjournaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentangsistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnalakan diselesaikan setelah proses reboot dan semuafile di harddisk akan tetap berjalan lancar.
3D Desktop
Windows mengawalinya di Windows Vistadengan menyediakan fitur 3D Flip. tidak lamakemudian Linux menyediakan fitur 3D Desktop yang jauh lebih lengkap, seperti 3D Flip, 3D Cube, 3DRing, dll.
Di Vista, fitur 3D kurang populer karenamembutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.Berbeda jauh dengan Linux yang mampumenjalankan fitur 3D Desktop pada komputerdengan spesifikasi yang sangat rendah

Berikut adalah kekurangan dari Linux
1) Banyak pengguna yang belum terbiasa denganLinux dan masih 'Windows minded'. Hal inidapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atauedukasi kepada pengguna agar mulai terbiasadengan Linux.
2) Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya diLinux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
3) Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bilaterkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD /DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harusmen-download satu per satu package yangdibutuhkan beserta dependencies-nya.
4) Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar